Tentang MOB FH

TUJUAN MOB FH

  1. Memperkenalkan civitas akademika dan budaya organisasi Fakultas Hukum
  2. Membekali kemampuan dasar menjadi mahasiswa Fakultas Hukum

 

TEMA MOB FH 2020

Tema yang dipilih adalah KAHULA JAMBUKA berasal dari  Bahasa Sansekerta/ Jawa Kuno. Kahula berarti hubungan kelurga/ kaum dan Jambuka berarti Serigala. Kawanan serigala merupakan kawanan paling kompak dan kuat. Kawanan serigala akan saling tolong menolong dan bekerja sama dalam mencari makanan serta mempertahankan diri. Banyak hewan lain menjadi segan untuk menyerang mereka. Ada 3 pokok nilai (wolfspack mentality) yang dapat dipelajari dari kawanan serigala dan dapat diterapkan untuk mewujudkan tujuan utama MOB, antara lain:

Silih Asuh (Saling Mengasuh)

  1. Serigala selalu membentuk kelompok secara terorganisir, berbagi tugas dan berburu bersama untuk mencari makan: MOB adalah wadah bagi mahasiswa baru untuk saling mengenal, belajar menjalin komunikasi, kekompakan serta kerjasama di Fakultas Hukum sebagai komunitas/keluarga yang satu, sinergis dan profesional.
  2. Anak serigala lahir dalam kondisi rentan, kawanan serigala akan selalu siap menjaga dan membimbing sampai anak serigala dapat berburu bersama kawanannya: Civitas akademika (dosen, kakak tingkat, panitia MOB) selalu siap membimbing dan mendampingi (mengasuh) mahasiswa baru untuk berproses selama MOB.

Silih Asah (Saling Mengasah)

Proses seekor serigala menjadi serigala yang tangguh, bahkan menjadi pimpinan kawanan serigala (alpha wolf) melewati proses yang panjang dan tidak sederhana. Serigala muda harus melewati banyak aktivitas perburuan agar  siap memimpin atau bertugas di dalam kawanannya: MOB adalah wadah bagi maharu untuk saling mengasah diri agar siap memulai kehidupan sebagai mahasiswa fakultas hukum. Maharu diasah untuk setidak-tidaknya memiliki pengetahuan awal di bidang hukum (basic knowledge of law), keterampilan-keterampilan dan sikap dibutuhkan dalam belajar hukum (thinking/learning skills, digital literacy, communication skill, attitude).

Silih Asih (Saling Mengasihi)

Ketika salah satu serigala terluka, maka serigala lain dalam kawanan akan merawat serta berburu agar serigala yang sakit tetap bisa makan. Ini menunjukan bahwa serigala sangat mengasihi sesamanya: MOB adalah wadah bagi mahasiswa baru untuk belajar toleransi, saling mengasihi dan menghargai perbedaan antar sesama, serta terutama mewujudkan hal-hal yang berdampak positif kepada masyarakat sekitar (positively impacting lives).