Mahasiswa HAN FH Ubaya Launching Buku dan Kelompok Studi

Pada hari Rabu, 15 Mei 2024, sebagai program kerja dari kegiatan Pra Kelompok Studi Mahasiswa Hukum Administrasi Negara telah diadakan kegiatan launching buku dengan judul “Dinamika Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah: Bunga Rampai Pemikiran Hukum” yang ditulis oleh 7 Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Surabaya; Berliana Kharisma, Farah Alika Natalina, Lauditta Helena Susanti, Marcella Rania Limantoro, Pangeran Kama Sutra, Trikadibusana Reynaldo, Vanessa Handayani yang mengampu mata kuliah Hukum Keuangan Negara yang dibimbing oleh Ibu Wafia Silvi Dhesinta Rini, S.H., M.H.

Acara launching buku tersebut dihadiri oleh 4 penulis untuk memberikan pemaparan terkait masing-masing materi yang telah dituliskannya, adapun materi-materi tersebut meliputi analisis implementasi pemberian dana otonomi khusus kepada wilayah Aceh dan juga daerah Istimewah Yogyakarta, Analisis peran penting dana otonomi khusus (otsus) kepada Provinsi Aceh, Papua, Papua Barat, dan Daerah Istimewah Yogyakarta, Analisis Pemungutan pajak daerah dengan menggunakan kebijakan earmarking tax dalam penerapan desentralisasi fiskal di Indonesia dan Reformasi Regulasi Pajak Daerah Pasca Penerapan Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2022 Terhadap Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah.

Setelah pemaparan materi oleh masing-masing penulis, dilakukan sesi sharing session atau tanya jawab terkait materi yang telah dipaparkan sebelumnya dan diketahui para peserta kegiatan sangat antusias dalam memberikan pertanyaan terhadap masing-masing penulis. Disamping itu juga diadakan mini games terkait pemaparan buku dan pertanyaan seputar Hukum Administrasi. Penanya terbaik dan pemenang mini quiz diberikan suatu hadiah. Antusiasme dari peserta diharapkan menjadi pertanda baik bagi berjalannya Kelompok Studi Mahasiswa Hukum Administrasi Negara yang akan berjalan.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pengenalan terkait Kelompok Studi Mahasiswa Hukum Administrasi Negara oleh Badan Pengurus harian KSM oleh Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Surabaya serta penjelasan terkait visi,misi, makna logo dan rencana kerja KSM. Adapun Kegiatan tersebut dihadiri oleh mahasiswa pengampu mata kuliah Hukum Keuangan Negara sebanyak 25 Orang dan beberapa anggota dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Surabaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *