Ratusan Mahasiswa FH Ubaya Beri Konsultasi Hukum Gratis ke Masyarakat Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama

repost dari : https://www.suarasurabaya.net

Ratusan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Surabaya (Ubaya) turun langsung ke masyarakat Surabaya memberi konsultasi hukum gratis, dalam peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731, Jumat (31/5/2024).

Hwian Christianto Dekan Fakultas Hukum Ubaya mengatakan, kegiatan yang bekerja sana dengan Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC PERADI) Surabaya itu, merupakan bentuk kontribusi nyata dari FH Ubaya pada HJKS.

“Ini sekaligus menjadi momen untuk mempraktikkan apa yang sudah dipelajari di kampus. Kami tak hanya memberikan konsultasi, namun juga memberikan pemahaman hukum,” katanya.

Mahasiswa yang turun memberikan konsultasi hukum tersebut, merupakan mahasiswa angkatan 2021 dan 2022 yang telah lulus mata kuliah Hukum Acara.

Kegiatan itu, kata dia, juga menjadi praktik untuk mahasiswa FH Ubaya pada mata kuliah Pendidikan Latihan Kemahiran Hukum dan Metode Penelitian Hukum.“Mereka melakukan konsultasi hukum di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sukolilo dan Kecamatan Tenggilis Mejoyo,” jelasnya.

Sementara itu, Beryl Cholif Arrachman anggota bidang pembelaan profesi anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PERADI Surabaya mengatakan, keterlibatan mahasiswa FH Ubaya pada kegiatan tersebut merupakan praktik belajar yang bagus, sehingga harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Pesan saya kepada mahasiswa sebisa mungkin dioptimalkan proses bertemu dengan masyarakat karena ini adalah kesempatan untuk bisa konsultasi dan cari dasar hukumnya,” ucapnya. (ris/saf/faz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *